Jumat, 11 Februari 2011

Teori Sebelum Darwin

Teori-teori sebelum Darwin

Penerimaan evolusi Biologi merupakan bagian terpenting dalam penjelasan pengetahuan di alam. Kebanyakan para ilmuan dan kaum agamawan di dunia Barat telah lama sejak tidak adanya kerja sama pemahaman mereka tentang alam dan manusia. Walaupun beberapa Gereja masih mempertahankan bahwa terdapat kekhususan dan pencitaan bebas bagi setiap Spesies/Jenis dan bahwa bentuk-bentuk kehidupan tidak berubah oleh waktu dari generasi kegenerasi. Pencitaan ini sering dikaitkan dengan Judeo Christian Bible yang dipegangnya dengan teguh, juga oleh ilmuan-ilmuan selama sebebelum dan sudah Abad 19. Bumi dan kehidupan diatasnya berlangsung kira-kira 6000 tahun tuanya/lamanya, dimana teori yang dominan adalah “Great Chain Of Being”. Peristiwa ini dipegang oleh kasa Tuhan yang tak terbatas banyaknya dan berlangsung selama bentuk kehidupan, salah satunya mengatur kehidpan selanjutnya, dari yang paling sederhana menuju yang kompleks, dan semua organisme termasuk manusia diciptakan dalam bentuk mereka saat ini dan bahwa terdapat sisa-sisa yang tidak berubah.
Ilmuan biologi diawal abad ke 18 yaitu Botani Swedia Karl Von Linne (dalam bahaa latinnya carolus linnasus), dia mengumumkan tidak adanya perubahan urutan penciptaan oeh Tuhan. Tujuan perubahan pengabdiannya dialam tidak membuatnya terpengaruh. Sumbangan yang paling penting bagi pengetahuan adalah penetapannya tentang sistem klasifikasi bagi semua bentuk kehidupan yang dia bukuan dalam “Systema Naturae”. Dia menjelaskan tumbuh-tumbuhan dan hewan-hewan pada dasar penerimaan fisika dan mengelompokkan mereka masing-masing berdasarkan tngkat kesamaannya menggunakan tata nama “Binomial Nomenclatur” dalam memberi nama. Organisme-organisme diberi nama latin “Genus” dan “Species”. Masing-masing genug dapat berhubungan dengan banyak species dan merupakan bagian terbesar dari bentuk kehidupan. Istilah genus dan species telah dikenalkan oleh Jhon Ray, seorang pendeta dan peneliti alam kebangsaan inggris. Oleh Lineaus dipergunakan untuk memberikan nama Homo Sapien (literatur, Manusia Bijak)
Pada akhir abad ke 18 ahli Zoologi kebangsaan Prancis, George Louis Lectere, Comte De Bufon mengatakan bahwa benda hidup dapat melakukan perubahan setiap waktu dan menyatakan bahwa manusia dan kera adalah relatif yang ditulis dalam buku “Seni Ilmu pengetahua Alam Volume 44” yang disebut “Histoire Naturelle”.
Teori evolusi abad ke 18, Erasmus darwin, kakek seorang ahli peneliti alam pada abad ke 19, charles darwin erasmus adalah seorang ahli fisika berkabangsaan inggris.Dia yakin bahwa evolusi terjadi pada benda hidup termasuk manusia,tetapi idenya kurang jelas mengenai apa yang bertanggung jawab atas pertukaran tersebut.Dia menulis idenya di dalam syair, secara relatif menggabungkan 2 volume, publikasi ilmu pengetahuan alam yang di beri nama zoonomia, atau the laws of organik (1974 – 1796 ).Di dalam surat kerjanya , dia juga menuliskan bumi dan kehidupan di dalamnya berkembang dari jutaan tahun sebelum awal sejarah manusia.
Ahli evolusia yang pertama yang di yakini terkenal perubahan yang berhubungan dengan biologi adalah sebuahfrench protege of the comte de button. Dia adalah Jean Babticste Chevalier de Lamarck. Sayangnya , teorinya tentang proses evolusi adalah tidak benar. Lamarck percaya organisme mikroskopik muncul secara spontan dari material yang telah mati kemudian berkembang perlahan – lahan semakin lama menjadi organisme yang rumit da kompleks sehingga menjadi sempurna. Lamarck juga berpikiran bahwa evolusi berkaitan erat dengan lingkungannya, lamarck yakin setiap organisme dapat mengembangka organ badannya sehingga berubah fungsi dan strukturnya.
Lamarck tidak menemuka gagasan pewaris sipat tidak di proleh dari karakter tetapi statedit dengan jelas pada tahun 1890 mempublikasikan dan mendapat gelar zoologi. George cuvier ilmuan berkebangsaan prancis beserta ilmuan lain memprotes dan meragukan teori lamarck. Mereka menyatakan , Seperti pada anak – anak yang berlatih angkat besi ototnya yang besar bukan merupakan bawaan lahir dan tidak diwariskan. Lamarck menjelaskan proses evolusi bersama – sama george cuvier membuat riset dan bertanggung jawab untuk membuat cabang ilmu biologi yang berbeda.
Cuvair mendukung teori catasrophism, seperti yang di lakukan semua ilmuan pada zamannya. Ini menyatakan bahwa telah terjadi perubahan yang cepat karena bencana alam seperti bnjir besar dan gunung meletus. Tumbuhan dan hewan akan musnah,dan pindah ke tempat lain.
Memperlihatkan secara tiba – tiba perubahan pada spesies, cuvair menjelaskan dia sendiri lebih suka atau percaya pada bukti ilmiah dari pada penjelasan kitab injil. Pada awal ke 19 pengecara inggris dan seorang ahli geologis , charles lyell menyimpulkan bahwa cuvair teori catasropisme adalah perubahan progresif dalam 3 volume prinsifles of biologi ( 830 – 1833 ). Lyell mendokumentasikan fakta bahwa bumi menjadi sangat tua dan bahwa bumi telah menjadikan subjek yang sama satu jenis dri proses alam pada waktu lampau bahwa opersi sekarang membentuk dataran. Ini memaksa terjadi erosi, gempa bumi, gerakan glosial, gunung meletus, dan peristiwa dekomposisi tumbuhan dan hewan.
James Hutton akhir abad 18 menyatakan keterangan alam sekarang merubah bentuk permukaan bumi yang telah beroperasi selama waktu setelah melalui jalan yang sama, dengan kata lain saat sekarang ini adalah kunci kenyataan masa lalu. Ide revolusi ini adalah instrumen Charles darwin kenyataannya dari evolusi biologi pada ahun 1830, bukan hanya akhir abad 19 bahwa yang lebih baik pendidikan orang pada dunia bagian barat akhirnya keluar teori Cataspropisme yang didukunga oleh Uniformtiorisme.
Sekarng ini kita mengetahui bahwa planet kita telah dibentuk oleh peristiwa bencanaseperti pemboman meteor besar, dan juaga sekompatif paling lembut proses aam ang disugestikan dalam faham Uniformtiorisme. Semua ini mempunyai potens pengaruh tingkatan dan kelansunga evolusi biologi.
Pendidikan orang Eropa atau Amerika Selatan pada abat 19 diliput penuh tetang evolusi yang ditulis oleh Charles Darwin. Peristiwa ini terjadi seelum dia lahir. Dia membawa penelitia penting dengan dokumen yang menyebutka bahwa evolusi terjadi dan membuat mereka meneriama ide dari ilmu pengetahuan alam dan masyarakat umum.
Di Galapagos darwin meemuka 13 jenis burung Fink . sedangkan didarata Amerika Selatan yang jaraknya 600 MIL dari timur ditemukan jenis burung ini. Menuut pengmatan burung ini hidup berkelompok dan mempunya ukuran d bentuk paruh yang berbeda . ia mencatat bahawa fariasi paruh berhubungan dengan enis makanannya. Generasi selanjutnya akan berubah menurut anatomi sesuai denga jenis makanan yang mereka makan untuk kelansunga hidup dan reprouksi.
Burung fink galagas merupakan contoh yang paling bagus untuk proses ini. Diantara burung-burung tersebut akhirnya berada dalam daerah yang kering, dengan bentuk paruh yang cocok untuk memakan kaktus. Hasilnya, mereka berad dalam kondisi trbaik untuk kawin. Deminikian pula, dengan bentuk paruhnya yang cocok untuk mendapatkan nalitar dari bunga-bunga atau memaka bij yang kers dilingkungan-lingkungan lain. Daam sebuah pengertia yang sangat nyat alam telah menyeleksi farietas terbaik yang dapat bertahan dan berkembang biak peristiwa ini dikenal dengan seleksi alam.
Pada abat ke 9 pengkritik ide darwin yang telah salah menafsirkan tetang data fink galagas. Mereka mengatakan bahwa Tuhan telah menciptakan 13 jenis perbedaan diantara mereka dan tidak ada peristiwa evolusi atau perubahan dalam bentuk paruh seperti yang pernah terjadi. Pada abad ke 20 sebuah penelitian telah membuktikan bahwa teori darwin adalah benar. Pada tahun 1798, Thomas Malthus seorang pendeta dari Inggris ilmuan ahli ekonomi menerbitkan buku yang berjudul dasar-dasar suatu populasi. Dalam pengamatannya tetang populasi manusia akan meningkat setiap 2 kali lipat setiap 25 tahun kecuali jika mereka berusha untuk membatasi asupan makanannya. Pada tahun 1838, darwin membaca buku karangan malthus telah menyadari bahwa semua populasi tumbuhan dan hewan mempunyai kemampuan yang sama untuk meningkatkan jumlah mereka kecuali jika mereka terus menerus menjaga diri dari predator, penyakit dan membatasi asupan makan, Minuman dan sumber kebutuhan pokok untuk kelansungan hidup.
Sebuah contoh hasil evolusi dari seleksi alam adalah penemuan ngengat lada” yang hidup dikota industri di Inggris. Serangga ini memiliki farietas yang bermacam-macam pada pewarnaan sayap dan tubunhnya dari terang menjadi gelap. Pada abat ke 19, asap hitam yang berasal dari pembakaran batu bara membuat terbunuhnya lichen di pohon sehingga kulit menjadi gelap. Ngengat menyesuaika diri denga mengubah warna menjadi gelap unuk menhindari pemangsaan dari burung dn dapat melangsungkan hidup untuk proses reproduksi.
Darwin dan Wallas keduanya gagal untuk memahami aspek utama seleksi alam. Mereka menyadari populai tumbuhan dan binatang berbeda satu sama lain dalam bentuk fisik. Mereka juga mengerti bahwa seleksi alam dari faiasi-fariasi yang ada merupakan ciri-ciri yang tampak pada lingkunga mereka. Jika seleksi alam adalah satu-satunya proses yang terjadi masing-masig generasi perlu mempunyai lebih sedikit fariasi sampai semua anggota populasi serupa, atau mirip satu sama lain, namun itu tidak terjadi. darwin menyadari fakta ini tetapi ia tidak memahami apa yang menyebabkan variasi. Orang yang pertama yang meneliti mengapa ini terjadi ialah seorang Biarawan Eropa Tengan yang bernama Gregormendl. Pada tahun 1856 dan 1863 ia menemukan bahwa ada penggabungan ulang ciri-ciri berkenaan dengan orangtua di dalam keturunan. Pada abad 20 pendukung Mendel meneliti dan menemukan warisan genetik.
Bukti Charles berhubungan dengan geolog Lyell diana bumi ebih tua 6.000 tahun dan dengan cepat mengumpulkan rekaman fosil dari evolusi yang lampau untuk meyakinkan masyarakat tahun 1860 untuk berpikir apa yang tadinya tak dapat dipertimbangkan sebelumnya. Banyak bukti yang telah dikumpulkan ole Jacques Boucher Crevecoer de perthes, seorang petugas di Prancis utara pada awal 1800. Kegemarannya mengumpulkan alat batu masa lampau dari kedalaman sungai Somme yang penuh kerikil. Karena ia menemukan artefak-artefak ini dengan tulang-tulang binatang yang telah punah, ia menyimpulkan bahwa mereka pasti terbuat pada zamannya binatang itu hidup.

Evolusi

Evolusi Biologi adalah perubahan genetik dalam sebuah populasi dari satu generasi ke generasi yang lain. Kecepatan dan arah perubahan bervarias dengan spesies yang berbeda dari waktu yang berbeda. Evolusi yang terus menerus selama beberapa generasi dapat mengakibatkan perkembangan varietas dan spesies baru, kegagalan untuk berevolusi terhadap perubahan lingkungan bisa dan seringkali menuntun pada kepunahan. Bukti terjadinya evolusi berasal dari empat sumber :
1. Temuan perubahan fosil pada spesies awal
2. Kesamaan kimiawi/unsur dan anatomi/bentuk tubuh dari bentuk kehidupan yang berkaitan
3. Penyebaran geografis dari spesies yang bersangkutan
4. Temuan perubahan genetis pada mahluk hidup selama beberapa generasi.
Sisa dari binatang dan tumbuhan ditemukan diendapan batu dan disimpan sebagai catatan untuk bukti dan fakta bahwa disana telah ditemukan fosil dan berbagai jenis benda yang ditinggalkan. Beberapa spesies yang punah memiliki ciri dan merupakan tansisi antara kelompok besar dari suatu organisme. Benda-benda yang berada dimuka bumi memeiliki azas yang sama dari struktur perkembangan anatomi dasar dan komposisi kimianya. Mereka adalah satuan yang sederhana dari sel protozoa atau organisme kompleks yang memiliki jutaan sel, yang semua dmulai dari satu sel. Dengan proses yang sama mereka akan melewati batas kehidupan, tumbuh dan berkembang menjadi tua dan mati.
Semua benda yang terdapat diatas bumi menciptakan molekul besar dari karbon dan sedikit alektron lainnya. Dari fakta, 99% dai protein, karbohidrat, lemak dan molekul lain yang tertinggal alah 6 atau 92 lebih elemen yang bersamaan. Smua tanaman dan hewan menerima karaker yang spesifik dari orang tua mereka yang kombinasi gen. Mulekul biologi menemukan bahwa gen adalah fakta dan merupakan segmen dari mulekul DNA di sel-sel kita. Segmen-segmen DNA ini mengandung kode kimia untuk menciptakan protein-protein oleh rantai protein bersama asam amino diurutan yang sfesifik.

Molekul Protein Sederhana

Puluhan dari ribuan tipe-tipe protein didalam materi kehidupan terbuat dari 20 jenis asam amino, kode DNA sama dengan suatu materi kehidupan. Untuk penambaha molekul yang sama, dibutuhkan material genetik berupa energi untuk pertumbuhannya, memperbaiki yang rusak dann reproduksi tumbuh-tumbuhan dibantu oleh sinar matahari untuk fotosintesis, atau mereka mendapatkan dari konsumen tumbuh-tumbuhan berupa tanaman dan organisme lain pemakan tumbuhan.
Banyak kelompok-kelompok spesies memilki tipe-tipe struktur tubuh yang sama karena mereka berasal dari nenek moyang yang sama pada umumnya. Hal ini disebut Vertebrata, dimana hewan-hewan memiliki skeleton internal seperti tangan manusia, kaki depan anjing dan kucing, sayap pada burung an anjing laut mempunyai tipe tulang yang sama (Humerus, Radius dan Ulna).
Distribusi Geografi Spesies
Kunci lainnya mengenai evolusi masa lampau ialah dengan ditemukan distribusi geografis yang alami dari spesies-spesies tertentu. Organisme yang telah dewasa akan memisahkan diri disuatu tempat disuatu area dan akan berkembangbiak baik itu hewan maupun tumbuhan.
Pertukaran Genetik Pada Setiap Generasi
Dibumi ini terjadi erubahan yang konstan, biasanya terjadi disetiap bagian kehidupan yang komplek. Ketika terjadi pertukaran disetiap bagian kehidupan yang sagat besar diluar dari sebuah populasi organisme maka hal ini dapat segera ditoleransi/diatasi oleh organisme lainnya. Seperti penemuan Charles Darwin dimana tidak ada individu yang tidak mengalami evolusi.
Keuntungan evolusi adalah populasi alami memilii genetik alami. Setiap individu memiliki karakteristik tersendiri dan akan bertahan dari kerentanan/kepunahan dengan berproduksi. Mereka akan bertambah banyak dan akan menjadi generasi penerus evolusi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar