Kamis, 24 Maret 2011

Balada Supir dan Kenek Angkot (area Jambi-Karya)

Hmmmm, guys sekilas kalo kita baca judulnya mungkin kalian menduga2 bahwa yang akan ditulis disini adalah ttg masalah antara sang supir dan keneknya, tapi...
gak guys..
skali lagi gak alias bukan ttg itu, cerita ini ditulis berdasarkan kejadian yang saya lihat beberapa jam yang lalu....

Kalo melihat sikap dari para supir dan kenek angkot yang tadi saya lihat, sungguh sangat kontras dengan sikap para supir dan kenek angkot lainnya.

Sebagai Flash Back, Dulu....
aku pnah naik angkot, mungkin sekitar 2 tahun yang lalu, yang waktu tuh, masih aktif kuliah, yaaa bs di bilang masih muda2nya...
Waktu itu, ongkos angkot untuk mahasiswa masih 1rb rupiah saja...
Saya naik angkot, duduk pas di samping kenek angkotnya, kebetulan waktu itu tak ada penumpang lain selain saya, pas sampai di tujuan, saya memberikan uang seceng pada sang mamang kenek (baca: kenek angkot), sang mamang langsung marah2 dan bilang kalo dia minta uang 1rb lagi...
Berdalih mahasiswa saya tidak mau memberikan uang tersebut pada sang kenek, sang kenek naik pitam, dan kontan membentakku di jalan. Aku malah makin lebih ngotot karena merasa benar, ku keluarkan kartu identitas mahasiswa, sang mamang terdiam barulah ngacir pergi dengan sumpah serapahnya yang dia tujukan untuk ku, peduli setan....
mending aku diamin aja...
taik lah.....

Khasus kedua, saat itu tujuan ku adalah kepasar untuk membeli bahan praktikum, waktu itu sedang ada demo angkot karya minta dinaikkan ongkos, jadi hanya sedikit angkot yang beroperasi. 1 angkot sesak untuk 20 orang lebih, benar2 melebihi kapasitas yang ada, tiba2 di ujung jalan da ibu2 hamil (yaa mungkin 7 bln la) meminta angkot tsb berenti, angkotpun berhenti, namun setelah sang ibu melihat angkotnya penuh, dia batal naik angkot, namun sang kenek ngotot nyuruh sang ibu naik, mkn karna g enak hati sang ibu naik, duduk tepat di kursi kenek dekat pintu...
ya allah, tega benar sang kenek, aku yang merasa saat itu kondisi gak anam langsung meminta sang ibu duduk di bangkuku, dan aku memutuskan turun, alhasil aku harus jalan kaki kepasar dengan menggunakan sepatu hak tinggi,
biru lebem kaki ku....

Ketiga, Saat tu, kebetulan lagi ada mata kuliah yang kuliahnya agak jauh dari rumah (unja pasar) ya, mau gak mau aku naik angkot lagi, kupandangi angkot tersebut, berpenumpangkan 3 orang, 1 orang wanita seusiaku dan 1 orang lagi bapak2 tua...
Sumpah, tu angkot ngebut banget, kayak jet coaster, terombang ambing kami yang ada di dalamnya, semua mobil n motor ditikung oleh angkot, sang bapak mulai ketakutan, mbak2 yang duduk di sampingku menegur sang supir
"mas, pelan2 dunk"

mas2 diam aja, bukannya makin pelan malah makin kencang dan makin menjadi aja, sontak aku langsung ikut ngomong
"Bang, pelan2 aja napa.. tar ketabrak orang"

sang mas2 lgsung jawab
"heh, jangan tegur2 aku, suka2 aku mau bawa mobil gmana"

aku teriak n minta mobilnya berhenti, mobilpun menepi, tiba2...
ada mobil Avanza hitam yang parkir melintang didepan mbl angkot, ku lihat ada anak muda yang keluar dari mobil itu, dia menarik baju sang supir dan
"Buuukkkk" sang supir dapat bogem mentah dari sang abang2,
selidik demi selidik ternyata, abang2 tu adalah mobil yang di serempet sang angkot waktu dia bawak mobil ugal2an...

Terakhir, kasus yang gak akan aku lupain, saat tu aku naik angkot pagi jam 7, karena ada kuliah. Bermodalkan uang 1rb, aku naik angkot. Aku duduk di kursi belakang dekat mamang kenek, tiba2 sang mamang bertanya
"berenti dimana dek"
" ku jawab seadanya: untel bang"

Tiba2 sang mamang mencolek lenganku,
dan spontan, ku tonjok tuh mamang!!!!
dasar, mamang GATAL!!!!


hmmm, habis tue, aku trauma naik angkot. Walau sesekali keadaan memaksaku naik angkot, tapi aku benar2 ekstra hati2...


Hmmm, tapi tadi, tepat 1 jam yang lalu...
aku melihat abang2 supir angkot yang bergitu sopan, bawa mobil santai tapi tetep mengutamakan keselamatan, setiba di persimpangan daerah mayang, ibu2 tua meminta angkot berhenti, abang2 angkot berhenti,
ku lihat lalu lintas sekelilingku ramai sekali, sang kenek bertanya,
"ibu mau kemana"
"mau kesebarang" jawab sang nenek

kontan sang kenek langsung trun dan membantu sang ibu menyeberang, sang supir pun dangan sabar menunggu keneknya saraya minta maaf pada penumpang yang lain.
dengan berkata
"maaf ya mbak, mas.. Kita tunggu ibinya nyebrang dulu"
"semua penumpang , memberikan senyuman tanda setuju"

Waaah, alangkah indahnya kejadian tadi, sangat kontas dengan yang kualami sebelumnya. Semoga aja kedepannya semua supir n kenek angkot Jambi jurusan Karya, memiliki sikap yang ramah pada pemumpangnya....
Biar penumpang merasa aman n nyaman, kalo sudah nyaman, jangan kan 1rb, kami yang mahasiswa ini mau membayar angkot 2rb, hanya untuk keramahan, kenyamanan dan keselamatan.
semoga tulisan ini, dapat menginspirasi kita semua
TERIMAKASIH
RITA

3 komentar:

  1. Pesan moral: Jadilah kenek angkot yang baik hati, sabar, pemurah, dan suka menolong.
    Tapi masalahnya, abang kenek tu baca blog ga yaaa?

    BalasHapus
  2. aq ja sopir angkoot nya.. di kkasih pelayanan yang memuaskan, nyaman, ramah lingkungan, di jamin puas..

    BalasHapus
  3. Faj: mungkin faj berminat??
    Selamat: hahaha, ok di tunggu ya, kalo beneran jadi supir angkot hub aku..

    BalasHapus